/* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://ani.cursors-4u.net/anime/ani-13/ani1205.cur), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */ Hetalia: Axis Powers - Denmark

Find Me On!

Saturday, June 29, 2019

Tugas Softskill Pengantar Animasi & Desain Grafis : Membuat Storyboard

MEMBUAT STORYBOARD MENGGUNAKAN ADOBE PHOTOSHOP


     Storyboard adalah sketsa gambar yang di buat secara berurutan sesuai naskah, dengan storyboard kita dapat menyampaikan ide cerita kita kepada orang lain dengan lebih mudah, karena kita dapat menggiring khayalan seseorang mengikuti gambar-gambar yang tersaji, sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide cerita kita. 

Berikut cara memakai photoshop:

1. Buka menu File di Photoshop dan New pilih. Pada kotak New, pilih nama untuk dokumen dan pilih Custom dari kotak drop Preset. Masukkan lebar dan tinggi Anda ingin menjadi storyboard, serta resolusi (300 yang baik), dan memilih warna latar belakang isi.

2. Impor ke Photoshop foto yang akan Anda gunakan. Pastikan foto memiliki resolusi yang sama dengan template baru Anda buat, dan mengetahui ukuran setiap foto. Tanaman mereka sesuai keinginan Anda.

3. Buka menu View dan pilih New Panduan. Aplikasi ini memungkinkan Anda membuat garis membimbing ke pusat bantuan foto pada template Anda.

4. Buat panduan horisontal ke pusat bantuan foto vertikal. Kurangi foto Anda tinggi dari ketinggian template dan dibagi oleh dua. Membuat panduan posisi pertama di nomor ini dan buku kedua pada ketinggian template minus angka tersebut. (Untuk foto 7-inci pada template 10-inch, pedoman-pedoman dihalaman 1 5 dan 8.. 5).

5. Gunakan angka posisi yang sama untuk membuat panduan vertikal untuk batas horisontal Anda luar. Jika Anda memiliki template lebar 20-inci dan 1. 5 posisi gambar, menempatkan panduan di 1. 5 dan 18. 5.

6. Tarik foto pertama dan terakhir Anda menggunakan ke template. Pusat mereka di sepanjang tepi masing-masing menggunakan pemandu.

7. Tempatkan foto sisa (Anda "foto tengah") pada template storyboard antara "foto akhir" Anda menempatkan pertama. Anda dapat menempatkan panduan lebih vertikal untuk memastikan foto-foto secara merata spasi. Gunakan langkah berikutnya untuk mengetahui berapa banyak ruang harus antara setiap foto.

8. Ambil lebar gabungan dari pusat foto Anda, kurangi yang dari lebar ruang template antara foto akhir Anda dan membagi bahwa dengan jumlah foto menengah ditambah satu (dibagi oleh tiga jika Anda memiliki dua foto tengah). Lebar "ruang putih" antara setiap foto harus jumlah tersebut.

9. Cetak storyboard dan / atau menyimpannya sebagai file PSD. Ulangi semua di atas dengan template lain jika storyboard Anda memerlukan banyak halaman.

Setelah tutorial diatas selesai maka hasilnya seperti dibawah ini :





→ Mohon maaf setiap gambar berisi 4 scene karena saya buat supaya bisa dilihat teksnya
→ Disarankan memakai browser bawaan hp untuk melihat blog saya 

😃 Terima Kasih 😄



2 comments: