/* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://ani.cursors-4u.net/anime/ani-13/ani1205.cur), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */ Hetalia: Axis Powers - Denmark

Find Me On!

Thursday, October 17, 2019

Tugas Softskill Audit Teknologi Sistem Informasi ( Analisis Resiko )

Analisis Resiko


   Analisis Risiko adalah suatu metode analisis yang meliputi faktor penilaian, karakterisasi, komunikasi, manajemen dan kebijakan yang berkaitan dengan risiko tersebut. Tahapan kegiatan analisis risiko antara lain meliputi: identifikasi hazard, proyeksi risiko, penilaian risiko, dan manajemen risiko. Penilaian risiko dapat dilakukan secara kuantitatif atau kualitatif.


1. Identifikasi Hazard

  Dalam aktivitas identifikasi, maka informasi yang akan didapatkan adalah tipe hazard dan magnitude hazard.


2. Proyeksi Risiko

   Proyeksi atau estimasi risiko dilakukan untuk me-rating risiko berdasarkan kecenderungan bahwa risiko tersebut akan menjadi kenyataan dan segala konsekuensi dari masalah yang berhubungan dengan risiko tersebut. Proyeksi risiko merupakan komponen utama dalam tahap penilaian risiko.

   Tahap ini meliputi: penetapan skala yg merefleksikan persepsi kecenderungan suatu risiko (skala dapat bersifat kualitatif ataupun kuantitatif), menggambarkan konsekuensi dari risiko, menetapkan dampak dari risiko, dan ketepatan secara menyeluruh dari proyeksi risiko.


3. Penilaian Risiko

   Risiko diberi bobot berdasarkan persepsi dampak dan prioritas. Dampak merupakan fungsi dari 3 faktor yaitu:
  • Kecenderungan akan terjadinya kejadian.
  • Lingkup risiko, merupakan kombinasi tingkat keparahan dan jangkauan distribusi risiko.
  • Waktu dan lamanya dampak dirasakan. 


4. Teknik Penilaian Risiko

   Teknik penilaian risiko dapat dilakukan secara kualitatif atau kuantitatif. Karakteristik penilaian kualitatif meliputi tipe efek kesehatan, estimasi frekuensi pemajanan (harian, mingguan, bulanan), lokasi hazard dalam hubungannya dengan tempat kerja. Sedangkan karakteristik penilaian kuantitatif meliputi data pengukuran pemajanan, konsentrasi zat, angka kesakitan/kematian, modeling analisis konsekuensi dari pemajanan terhadap hazard dan modeling frekuensi pemajanan.


4.1. Penilaian Kuantitatif Risiko

   Kuantifikasi terhadap suatu risiko akan sangat tergantung pada kondisi nature hazard, kemudahan utk diukur (measurable) dan adanya suatu standar yg dipakai. Untuk mengkuantifikasi risiko, ketiga komponen risiko (frekuensi, probabilitas dan hasil jadi atau outcome) harus bisa diekspresikan secara matematika (modeling). Modeling merupakan teknik untuk melihat pola kejadian.

   Frekuensi dapat diekspresikan dengan menggunakan data riwayat pemajanan atau incident record. Probabilitas dapat dibuat skala dengan rentang nilai ( 0 < P < 1 ). Hasil jadi (outcome) atau konsekuensi dari hasil pemajanan terhadap suatu hazard dapat diukur sebagai berikut: jumlah kasus kematian atau cedera, kasus sakit serius dan biaya kerusakan (lost cost). Kelemahan penilaian risiko kuantitatif, antara lain sifatnya sangat natur sehingga tidak memperhatikan persepsi dan perlakuan terhadap hazard.


Hal lain yang dapat dilakukan secara kuantifikasi, misalnya untuk modeling kebakaran (fire and explosion). Penilaian kuantitatif risiko ini pada umumnya sangat aplikatif untuk chemical atau process engineers. Contoh penilaian kuantitatif, misalnya penentuan LD50 dan LC50. Keduanya adalah modeling utk penilaian lethal dose dan lethal concentration dengan pengukuran durasi pemajanan, konsentrasi atau dosis hazard dan hasil jadi (kematian).


4.2. Penilaian Kualitatif Risiko

Metode penilaian risiko secara kualitatif terkesan subjektif dan memberi peluang multiinterpretasi dan debat. Persepsi risiko bisa bervariasi untuk setiap orang. Ada beberapa metode yang dapat diterapkan


4.2.1. Fine’s Risk Score

   Fine’s risk score adalah model untuk melakukan penilaian risiko dengan formula sbb: Risiko adalah hasil pengalian faktor-faktor yang terdiri dari: konsekuensi x faktor exposure x faktor probabilitas (R = C x E x P).

  Ketiga faktor tersebut diklasifikasikan dalam beberapa kelas dan diberi rating. Hasil perhitungan risiko (risk score) dapat dipergunakan untuk memperkirakan kejadian, mengalokasikan resources dan mengontrol hazard. Maka apabila sudah dapat men-score risiko, dapat dilakukan kalkulasi biaya untuk intervensi.

Sumber :

http://shikizikata.blogspot.com/2018/10/tugas-softskill-audit-teknologi-sistem_18.html

Tugas Softskill Audit Teknologi Sistem Informasi ( Jenis - Jenis Audit )

Jenis - Jenis Audit


  • Ditinjau Dari Luas Pemeriksaan
1. Pemeriksaan Umum (General Audit)

      Adalah pemeriksaaan umum atas laporan keuangan yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) yang indipendent dengan tujuan dapat menilai sekaligus memberikan opini mengenai kewajaran laporan keuangan.

2. Pemeriksaan Khusus (Special Audit)

       Merupakan suatu pemeriksaan yang hanya terbatas hanya pada permintaan audit yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik (KAP). Dengan memberikan opini

  • Ditinjau Dari Bidang Pemeriksaan
1. Audit Laporan Keuangan (Financial Statement Audit)

       Berkaitan dengan kegiatan mengumpulkan dan mengevaluasi bukti tentang laporan-laporan suatu entitas dengan tujuan memberikan pendapat (opini) tentang laporan tersebut apakah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan sesuai prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum.

2. Audit Operasional (Management Audit)

    Adalah jenis pemeriksaan terhadap kegiatan operasi suatu perusahaan. meliputi kebijakan akuntansi dan kebijakan operasional manajemen yang telah ditetapkan, dengan tujuan untuk mengetahui kegiatan operasi yang dilakukan berjalan  secara efektif dan efisien.

3. Audit Ketaatan (Compliance Audit)

     Yaitu jenis pemeriksaan yang tujuanya untuk mengetahui apakah perusahaan telah mentaati peraturan dan kebijakan-kebijakan yang nerlaku baik yang di tetapkan oleh pihak intern maupun pihak ekstern entitas/perusahaan.
Audit ketaatan berfungsi untuk menentukan sejauh mana perusahaan mentaati peraturan, kebijakan, peraturan pemerintah bahkan hukum yang harus dipatuhi oleh entitas yang di audit.

4. Audit Sistem Informasi

     Yaitu pemeriksaan yang dilakukan Kantor Akuntan Publik (KAP) terhadap perusahaan yang melakukan proses data akuntansi, umumnya menggunakan system Elektronik Data Processing (EDP). Auditor harus memperhatikan hal-hal berikut :

  • Perlengkapan keamanan melindungi perlengkapan computer baik program, komunikasi, atau data dari akses yang tidak sah, modifikasi bahkan penghancuran.
  • Pengembangan program yang dilakukan atas otorisasi khusus dan umum dari pihak manajemen perusahaan.
  • Pemrosesan transaksi, file, laporan dan catatan computer dengan akurat dan lengkap.
  • Data file laporan yang tersimpan di computer sangat dijaga kerahasiaanya.

5. Audit Forensik

       Tujuan dilakukan audit forensic adalah sebagai upaya pencegahan terjadinya kecurangan (fraud). Hal yang dapat dilakukan audit forensik termasuk :

  • Investigasi kriminal
  • Indikasi kecurangan dalam bisnis atau karyawan
  • Mengetahui kerugian suatu bisnis,

6. Audit Investigasi

  Yang dimaksud audit investigasi adalah serangkaian kegiatan mengenali (recorganized), menidentifikasi (Identify) dan menguji (examine) fakta-fakta dan informasi yang ada guna mengungkap kejadian yang sebenarnya dalam rangka pembuktian demi mendukung proses hukum atas dugaan penyimpangan yang dapat merugikan keuangan suatu entitas (organisasi/perusahaan/negara/daerah).

7. Audit Lingkungan

    Menurut (Kep. Men. LH 42/1994) audit lingkungan adalah proses manajemen yang meliputi evaluasi secara sistematik, tercatat (terdkumentasi), serta obyekttif tentang bagaimana suatu kinerja manajemen organisasi  yang bertujuan memfasilitasi kendali manajemen terhadap upaya pengendalian dampak lingkungan dan pemanfaatan kebijakan usaha terhadap perundang-undangan tentang pengelolaan lingkungan.

  • Ditinjau Dari Klompok Pelaksana Audit (Auditor)
1. Auditor Internal

    Mempunyai tugas membantu manajemen puncak (top management) dalam mengawasi asset (saveguard of asset) dan mengawasi kegiatan operasional perusahaan sehari-hari. bekerja untuk perusahaan yang mereka audit, oleh karena itu tugas auditor intern adalah mengaudit manajemen perusahaan termasuk compliance audit.

2. Auditor Ekstern

    Bekerja untuk lembaga / kantor akuntan publik (pihak ke-3) yang statusnya diluar struktur perusahaan yang mereka audit dan bekerja secara independent dan objektif. Umumnya auditor ekstern menghasilkan laporan financial audit.

3. Auditor Pajak

    Mempunyai tugas melakukan ketaatan wajib pajak yang diaudit menurut undang-undang perpajakan yang berlaku. Di Indonesia dilaksanakan oleh Direktorat Jendral Pajak (DJP) yang berada dibawah naungan Departemen Keuangan Republik Indonesia.

4. Auditor Pemerintah

       Adalah lembaga yang mempunyai tugas menilai kewajaran informasi laporan keuangan instansi pemerintah atas pelaksanaan program dan penggunaan asset milik pemerintah. Audit instansi pemerintah umumnya dilaksanakan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atau Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Demikian pembahasan seputar audit semoga artikel ini bermanfaat menambah khasanah wawasan pengetahuan kita semua.

Sumber :

https://www.akuntansilengkap.com/akuntansi/jenis-jenis-audit-dan-auditor/

Saturday, June 29, 2019

Tugas Softskill Pengantar Animasi & Desain Grafis : Membuat Storyboard

MEMBUAT STORYBOARD MENGGUNAKAN ADOBE PHOTOSHOP


     Storyboard adalah sketsa gambar yang di buat secara berurutan sesuai naskah, dengan storyboard kita dapat menyampaikan ide cerita kita kepada orang lain dengan lebih mudah, karena kita dapat menggiring khayalan seseorang mengikuti gambar-gambar yang tersaji, sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide cerita kita. 

Berikut cara memakai photoshop:

1. Buka menu File di Photoshop dan New pilih. Pada kotak New, pilih nama untuk dokumen dan pilih Custom dari kotak drop Preset. Masukkan lebar dan tinggi Anda ingin menjadi storyboard, serta resolusi (300 yang baik), dan memilih warna latar belakang isi.

2. Impor ke Photoshop foto yang akan Anda gunakan. Pastikan foto memiliki resolusi yang sama dengan template baru Anda buat, dan mengetahui ukuran setiap foto. Tanaman mereka sesuai keinginan Anda.

3. Buka menu View dan pilih New Panduan. Aplikasi ini memungkinkan Anda membuat garis membimbing ke pusat bantuan foto pada template Anda.

4. Buat panduan horisontal ke pusat bantuan foto vertikal. Kurangi foto Anda tinggi dari ketinggian template dan dibagi oleh dua. Membuat panduan posisi pertama di nomor ini dan buku kedua pada ketinggian template minus angka tersebut. (Untuk foto 7-inci pada template 10-inch, pedoman-pedoman dihalaman 1 5 dan 8.. 5).

5. Gunakan angka posisi yang sama untuk membuat panduan vertikal untuk batas horisontal Anda luar. Jika Anda memiliki template lebar 20-inci dan 1. 5 posisi gambar, menempatkan panduan di 1. 5 dan 18. 5.

6. Tarik foto pertama dan terakhir Anda menggunakan ke template. Pusat mereka di sepanjang tepi masing-masing menggunakan pemandu.

7. Tempatkan foto sisa (Anda "foto tengah") pada template storyboard antara "foto akhir" Anda menempatkan pertama. Anda dapat menempatkan panduan lebih vertikal untuk memastikan foto-foto secara merata spasi. Gunakan langkah berikutnya untuk mengetahui berapa banyak ruang harus antara setiap foto.

8. Ambil lebar gabungan dari pusat foto Anda, kurangi yang dari lebar ruang template antara foto akhir Anda dan membagi bahwa dengan jumlah foto menengah ditambah satu (dibagi oleh tiga jika Anda memiliki dua foto tengah). Lebar "ruang putih" antara setiap foto harus jumlah tersebut.

9. Cetak storyboard dan / atau menyimpannya sebagai file PSD. Ulangi semua di atas dengan template lain jika storyboard Anda memerlukan banyak halaman.

Setelah tutorial diatas selesai maka hasilnya seperti dibawah ini :





→ Mohon maaf setiap gambar berisi 4 scene karena saya buat supaya bisa dilihat teksnya
→ Disarankan memakai browser bawaan hp untuk melihat blog saya 

😃 Terima Kasih 😄



Wednesday, May 15, 2019

Tugas Softskill Pengantar Animasi & Desain Grafis : Membuat Animasi Stop Motion

MEMBUAT ANIMASI STOP MOTION MENGGUNAKAN APLIKASI ZING STIKBOT, KINEMASTER , DU RECORDER



1. Zing StikBot Studio

Aplikasi ini sebenarnya didesain secara khusus untuk membuat film StikBots tetapi selain stickbots juga bisa. Beberapa karakter mainan yang ada di dalam aplikasi ini dapat diletakkan di mana saja di dalam video. Salah satu hal yang menguntungkan, aplikasi ini benar-benar datang secara gratis dan tanpa embel-embel tambahan lainnya. Pengguna bisa menggunakan semua fitur yang ada di dalamnya dengan nyaman.

Beberapa fitur yang ditawarkan di dalam aplikasi ini, seperti pengguna bisa mengontrol pengambilan gambar dengan menggunakan tombol volume yang ada di ponsel pintarnya masing-masing, atau dengan menggunakan headphones. Juga, ada efek suara yang bisa dimasukkan ke dalam mainan, atau pengguna juga bisa menambahkan suaranya sendiri di dalamnya.

Oke tidak usah berlama-lama kita langsung saja menuju tutorial saya menggunakan aplikasi ini:
  • Buka Aplikasi Zing Stikbot studio, lalu kalian pilih create movie/capture photo bisa dua duanya tetapi saya menggunakan capture photo
  • Berikut tampilan setelah kita pencet , disini ada garis-garis yang berfungsi untuk sebagai patokan/tanda setiap gerakan objek yang kita foto nanti dan disini kita harus fokus untuk memfoto objek  supaya hasilnya memuaskan
  • Berikut contoh 1 dalam pengambilan gambarnya, disini kalian harus memfoto sebanyak mungkin setiap gerakan satu persatu, misalnya kalian gerakan tangan lalu jangan lupa untuk memfoto setiap gerakannya

  • Berikut contoh 2 dalam pengambilan gambarnya, disini kalian harus memfoto sebanyak mungkin setiap gerakan satu persatu

  • Berikut contoh 3 dalam pengambilan gambarnya, disini kalian harus memfoto sebanyak mungkin setiap gerakan satu persatu
  • Berikut contoh 4 dalam pengambilan gambarnya, disini kalian harus memfoto sebanyak mungkin setiap gerakan satu persatu
  • Setelah selesai semua objek yang sudah difoto pencet saja galeri dan download satu per satu foto yang kita ambil dan kemudian pindah ke aplikasi Kinemaster


2.Kinemaster

Kinemaster merupakan editor video Android dengan fitur-fitur yang lengkap. Pada KineMaster, terdapat alat-alat canggih yang mudah digunakan, seperti beberapa lapisan video, mode campuran, sulih suara, kunci kroma, kontrol kecepatan, transisi, terjemahan, efek khusus, dan masih banyak lagi! Temukan rahasia mengapa banyak yang menyukai KineMaster untuk YouTube, TikTok, dan Instagram dan mengapa jurnalis, pendidik, pemasar, dan vlogger menggunakannya secara profesional!

Di aplikasi kinemaster saya mengedit foto-foto satu persatu menggabungkan semuanya menjadi satu berikut tutorialnya:
  • Buka kinemasternya lalu pilih media > background > pilih hitam
  • Setelah background jadi hitam jangan lupa tarik backround yang hitam itu menjadi durasi yang kalian inginkan
  • Selanjutnya pilih layer > media dan masukkan foto satu persatu dan ulangi sampai selesai menaruh semua fotonya
  •  Setelah selesai jangan lupa extract ke dalam memori dan kita pindah ke aplikasi Du Recorder untuk setelan kecepatan videonya karena di kinemaster susah J

 

3. Du recorder

DU Recorder adalah aplikasi yang mampu merekam video apa yang tengah terjadi di layar Android Anda. Bagian terbaiknya yaitu Anda bisa merekam video sekaligus mengeditnya menggunakan alat edit yang telah tersedia di dalam aplikasi ini.

Di dalam pengaturan aplikasi, Anda dapat mengatur pilihan kualitas video, seperti jumlah frame per detik (hingga 60 FPS), output video (hingga 1080p), serta mutu video (hingga 12 Mbps). Perangkat juga tidak perlu di-root untuk merekam.

Setelah Anda mengatur seluruh pilihan dan merekam video, tibalah waktu untuk mengeditnya. Anda dapat memotong dan menautkan semua fragmen, menambahkan musik di latar belakang, serta menyesuaikan volume video. Setelah selesai, Anda tinggal menyimpan video ke dalam memori ponsel atau membaginya langsung melalui jejaring sosial.

Di aplikasi Du recorder saya hanya mengubah kecepatan video supaya pas tidak terlalu cepat maupun lambat berikut tutorialnya :
  • Buka aplikasi du recorder > gambar pengaturan > edit video > pilih videonya > pilih kecepatan

  •   Atur kecepatan sesuai keinginan > konfirmasi > dan terakhir simpan


Dan hasilnya seperti ini (disarankan memakai hp/smartphone untuk melihat video ini) :





Monday, April 1, 2019

Tugas Softskill Pengantar Animasi & Desain Grafis : Membuat Animasi Sederhana


Membuat Animasi Sederhana Menggunakan Aplikasi Stick Fighter


Aplikasi yang saya gunakan untuk membuat animasi disini adalah Stick Fighter. Aplikasi ini lebih mudah digunakan karna untuk membuat sebuah karakter kita tidak usah menggunakan aplikasi yang lain.

            Langkah pertama untuk membuat animasinya adalah dengan membuat aplikasi Stick Fighter, ini adalah tampilan awal pada aplikasi Stick Fighter.

Selanjutnya buatlah sebuah project baru dengan menekan lingkaran biru pada pojok
kanan bawah, maka hasilnya akan seperti dibawah ini



            Isikan sebuah nama untuk member nama pada projek yang akan dibuat, lihat gambar dibawah ini


             Untuk memulai projek pilih lah kotak putih yang sudah berlabelkan angka satu diatas, maka akan terbuka tampilan pada projek seperti ini


            Buatlah sebuah karakter dengan cara menekan lambang tambah seperti diatas, maka akan keluar sebuah pilihan, pilih Figures – Stick figure dan hasilnya akan seperti dibawah ini



Untuk membuat sebuah senjata gunakan cara menekan lambang tambah(+) pada weapons, maka akan keluar gambar senjata



Dan untuk membuat sebuah peluru gunakan cara menekan lambang tambah(+) pada ammo, maka akan keluar gambar peluru




           Untuk mengecilkan objek pilih lambang 4 tanda panah maka akan keluar pilihan, pilih lah Modify & Stretch. Pilihlah angka sesusai dengan yang diinginkan seperti gambar dibawah ini



            Mulailah membuat animasi dan menggerakan karakter yang sudah dibuat sebelumnya gunakan cara, pindahkan titik – titik merah yang ada pada karakter maka karakter akan bergerak dan berpindah tempat


            Buatlah gerakan dengan sekreatif mungkin, gunakan imajinasimu untuk membuat animasi yang menarik. Jika sudah, untuk membuat frame selanjutnya pilihlah arah panah ke kanan maka tampilannya akan pindah ke frame kedua seperti gambar diatas.

Buatlah cerita semenarik mungkin dan buat gerakan dan frame sebanyak mungkin supaya animasi terlihat bagus dengan gerakan yang rapih dan kerapatan yang baik pada setriap framenya.

Berikut adalah hasilnya :


Monday, March 18, 2019

Tugas Desain Grafis dan Animasi

Desain Grafis dan Animasi


1. Pengertian Desain Grafis Menurut Para Ahli

a. Menurut Suyanto,  “Aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri”.

b. Jessica Helfand, “Kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat”.

c. Danton Sihombing, “Mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar, baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi”.

d. Michael Kroeger,  “Visual communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran”.


2. Unsur-unsur yang perlu di perhatikan dalam Desaim Grafis :

a. Garis ( Line )

   Garis merupakan unsur dasar dalam sebuah bentuk desain. Unsur garis adalah unsur yang merupakan titik/poin yang saling terhubung dengan titik/poin lainnya yang akan membentuk sebuah bentukan gambar garis seperti garis lurus, lengkung, zigzag, tidak beraturan, horizontal, vertikal, diagonal. Garis tidak memiliki kedalaman (dept), tapi memiliki ketebalan dan panjang. Selain itu memiliki variasi yang beragam seperti garis lurus yang terkesan formal, lengkung yaitu lembut, zig-zag artinya dinamis dan tidak beraturan atau fleksibel.

b. Bentuk ( Shape )

    Shape adalah sebuah bentukan yang memiliki bentuk seperti lingkaran (circle), kotak (rectangle), segitiga (triangle) ataupun bentukan lain yang memiliki diameter tinggi dan lebar.

c. Tekstur

      Pada desain grafis, tekstur merupakan tampilan dari sebuah gambar (desain) yang pada visualisasi permukaannya memiliki suatu bentuk, corak dan pola yang bisa dilihat dan dicermati oleh mata bahwa permukaan gambar tersebut terlihat halus, kasar, lembut. Contohnya terlihat seperti permukaan kulit kayu, kain, dinding, canvas.

d. Ruang ( Space )

     Space adalah ruang atau jarak antara elemen-elemen yang terdapat pada desain grafis. Elemen-elemen tersebut berupa object, background, dan text. Perpaduan antar elemen tersebut harus disesuaikan space-nya sehingga desain yang diperoleh akan membuahkan hasil yang maksimal karena memberikan kesan menarik dan profesional bagi mata yang melihat.

e. Ukuran ( Size )

    Ukuran adalah unsur yang sangat penting dalam desain grafis. Ukuran dalam hal ini adalah panjang dan pendek, tinggi dan rendah, serta besar dan kecilnya sebuah objek. Objek yang mau diperlihatkan lebih dulu (ditonjolkan) akan memiliki ukuran lebih besar dari objek lainnya yang tidak ditonjolkan. Sangat dianjurkan untuk melakukan pencocokan ukuran pada masing-masing objek atau teks yang ada pada setiap desain supaya tidak terlihat aneh tetapi terlihat lebih sedap dan mantap untuk dilihat. Contohnya deskripsi gambar tidak lebih besar dari gambar itu sendiri.

f. Warna ( Color )

      Warna juga adalah unsur yang sangat kompleks untuk diperhatikan. Pemilihan warna menentukan arah dan tujuan sebuah desain grafis, karena warna mewakili visual yang bisa dinilai oleh mata. Ketika mata melihat ke warna yang kurang cocok atau tidak sesuai maka otomatis desain yang dibuat akan ternilai tidak bagus atau tidak sesuai. Untuk itu perpaduan warna untuk sebuah desain sebaiknya hanya di padukan pada warna yang bisa menyatu dengan warna latar atau objek ataupun teks. Contohnya warna latar yang hitam bisa dipadukan dengan objek atau teks yang berwarna putih. Terlalu banyak warna juga akan menimbulkan kesan norak (memiliki warna yang terlalu banyak). Maka berhati-hatilah dalam memilih warna.


3. Macam-Macam Software Desain Grafis

a. Adobe Indesign

       Adobe Indesign adalah jenis software desain grafis yang berada dalam perangkat lunak destop publishing atau biasa dikenal dengan nama DTP. Adobe Indesign diproduksi oleh Adobe sistem yang bisa anda gunakan untuk membuat poster, brosur, majalah atau buku. Aplikasi ini banyak digunakan masyarakat luas untuk melakukan suatu desain dalam kehidupan sehari-hari.

b. Adobe Page Maker

    Adobe Page Maker adalah perangkat lunak aplikasi pengolah data yang digunakan untuk mendesain layout buku, cover majalah atau makalah. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mendesain koran dan biasa digunakan untuk keperluan undangan, kartu nama, kartu ucapan dan kop surat.

c. Adobe Frame Maker

    Software Desain Grafis jenis Adobe Frame Maker adalah perangkat lunak yang menggunakan tampilan XML untuk native penulis konten tekstur. Berpaduan dengan PDF yang memiliki konten out-off-the-box integrasi CMS. Aplikasi ini memiliki sistem pempublikasian dengan menggunakan saluran, format dan layanan HTML5 yang menggunakan penerbit server 10 atau Adobe teknis komunikasi Site 4. Aplikasi ini biasa menyimpan data dalam bentuk PDF, HTML, WEbhelp dan Adobe Air.

d. Macromedia Freehand

   Macromedia Freehand adalah jenis aplikasi software desain grafis yang digunakan untuk melakukan editing gambar berbasis vector. Software ini bisa digunakan oleh para designer untuk melakukan editing logo baik kelompok ataupun perusahaann. Namun software ini juga bisa digunakan untuk melakukan editing pada brosur, kartu nama, undangan dan beberapa kebutuhan lain.

f. Adobe Photoshop

    Adobe Photoshop adalah software desain grafis yang secara khusus dirancang untuk memanipulasi objek atau gambar yang akan digunakan dalam suatu kepentingan. Aplikasi software desain grafis ini biasa digunakan oleh para photographer untuk mengedit hasil foto agar terlihat lebih hidup dan nyata. Adobe Photoshop adalah produk terbaik yang pernah dikeluarkan oleh Adobe Systems. Anda dapat membuat desain poster, spanduk, logo, dan kebutuhan lainnya dengan Adobe Photoshop.

g. Photo Shine

    Photo shine adalah jenis aplikasi foto software desain grafis yang biasa digunakan untuk mengabungkan beberapa foto dalam satu frame. Dalam aplikasi ini berbagai macam bingkai juga ditawarkan agar anda bisa memilih bingkai yang anda suka. File penyimpanan foto biasa menggunakan JPG agar gambar mudah disimpan dan dibuka dalam kondisi apapun. Ada beberapa referensi printer cetak foto yang handal untuk Anda gunakan di era sekarang ini.

h. Photo Scape

    Sama hal nya dengan PhotoShine dan PhotoCollage, Photo Scape adalah Software Desain Grafis yang mendukung anda melakukan editing 2 foto atau lebih. Photo Scape memiliki fitur seperti viewer, efek gambar (sephia, black and white), emoji, tambahan tulisan dan masih bayak fiture yang ada dalam aplikasi Phote Scape. Ada pula fitur untuk membuat animasi gerak dengan menggabungkan minimal 2 layer gambar untuk berganti dengan hitungan detik.

i. Picture Manager

    Meskipun manager namun kemampuan yang dimiliki tidak hanya untuk mengolah gambar. Secara khusus fitu ini memiliki nama lengkap Microsoft Office Picture Manager merupakan software desain grafis yang memiliki instalasi Microsoft Office didalamnya. Fitur yang ada di dalamnya juga beraneka ragam seperti brightness dan contrast, re-color, menghilangkan efek red-eye pada Photo, hingga resize compressing mengubah ukuran Photo.
ACDSee

    Picture Manager adalah aplikasi software desain grafis yang memiliki kesamaan dengan Microsoft Office Picture Manager. Namun software ini memiliki berbagai macam tambahan fitur yang digunakan untuk kebutuhan professional desiner seperti fitur manejemen Photo Manager.
Berbagai macam software desain grafis dan Fungsinya bisa anda pelajari seperti yang sudah disebutkan diatas. Selain mempelajari anda juga disarankan untuk melakukan praktek secara langsung pada sesuai dengan imajinasi yang anda miliki. Jelek ataupun bagus karya yang anda hasilkan itu adalah karya anda sendiri.


4. Pengertian animasi menurut para ahli :

a. Agus Suheri

  Menurut Agus Suheri Gagasan Animasi Adalah Kumpulan Gambar Yang Telah Diproses Sedemikian Rupa Sehingga Bisa Menghasilkan Gerakan.

b. Ibiz Fernandez

  Menurut Ibiz Fernandes Gagasan Animasi Adalah Proses Merekam Dan Memutar Ulang Serangkaian Gambar Statis Untuk Mendapatkan Ilusi Gerakan.


5. Bagian-Bagian Animasi

a. Animasi Tradisional (2D)

    Teknik animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini. Dinamakan tradisional karena teknik animasi inilah yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan. Tradisional animasi juga sering disebut cel Animation karena pada awalnya tehnik pengerjaannya dilakukan pada celluloid tranparent yang sekilas mirip dengan transparansi OHP. Cel Animation kemudian juga disebut 2D Animation.



b. Animasi Stopmotion 
    Sering pula disebut claymation karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan. Tehnik stop-motion animasi pertama kali ditemukan oleh Stuart Blakton pada tahun 1906; yaitu dengan menggambar ekspresi wajah sebuah tokoh kartun pada papan tulis, diambil gambarnya dengan still camera, kemudian dihapus untuk menggambar ekspresi wajah selanjutnya.



c. Animasi Komputer (2D & 3D)
    Sesuai dengan namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer. Keseluruhan objek bisa diperlihatkan secara 2 maupun 3 dimensi. Sebagai contoh adalah pada film animasi buatan Pixar. Pada film ini karakter yang tampil begitu real dan terlihat mempunyai kemampuan gerak yang hampir menyamai gerakan manusia.



d. Animasi Kombinasi
  • Kombinasi 2D & 3D yaitu penggabungan teknik Animasi 2D dengan 3D. Sebagai contoh adalah pada film El Dorado

  • 2D & Live Shot yaitu penggabungan teknik Animasi 2D dengan Live Shot . Sebagai contoh pada film Space Jam, Osmosis Jones. 


  • 3D & Live Shot yaitu penggabungan teknik Animasi 3D dengan Live Shot. Sebagai contoh pada film Jurasic Park, Lord of the Ring, Harry Potter, Stuart Little, Scooby Doo.



6. Prinsip Dasar Animasi

a. Solid Drawing

    Pada animasi tradisional, Solid drawing berarti gambar yang mempunyai kedalaman perspektif. Contoh pada gambar di bawah ini, gambar sebelah kanan bisa dikatakan lebih mempunyai kedalaman perspektif karena posisi mata serta mulut yang mengikuti bentuk bundar dari kepala dibandingkan bila tidak mempunyai perspektif seperti pada gambar di sebelah kanan.


    Pada animasi 3D, solid drawing berarti memberikan keseimbangan pada pose dengan tujuan untuk mencari pose siluet yang terbaik ( terlihat lebih mempunyai berat dan volume ) seperti pada pose karakter di sebelah kanan dan menghindari terjadinya twinning seperti yang terdapat pada karakter sebelah kiri, dimana pose bagian kiri & kanan dari karakter terlihat sama persis dan tidak mempunyai variasi balancenya.

    Pada animasi 3D, solid drawing berarti memberikan keseimbangan pada pose dengan tujuan untuk mencari pose siluet yang terbaik ( terlihat lebih mempunyai berat dan volume ) seperti pada pose karakter di sebelah kanan dan menghindari terjadinya twinning seperti yang terdapat pada karakter sebelah kiri, dimana pose bagian kiri & kanan dari karakter terlihat sama persis dan tidak mempunyai variasi balancenya.

b. Timing & Spacing


  Grim Natwick -seorang animator Disney pernah berkata, “Animasi adalah tentang timing dan spacing”. Timing adalah tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan, sementara spacing adalah tentang menentukan percepatan dan perlambatan dari bermacam-macam jenis gerak.

 Contoh Timing: Menentukan pada detik keberapa sebuah bola yang meluncur kemudian menghantam kaca jendela.

c. Squash and Stretch
    Squash & Stretch merupakan  gerakan fleksibel seperti benda yang dihempaskan dan kemudian diregangkan. Gerakan seperti ini bisa kita temui sebagai contohnya pada bola yang memantul, dimana bola tersebut mempunyai gerakan squash ( menghempas ) sewaktu menyentuh tanah dan kemudian meregang sebelum bola tersebut kembali memantul ke atas. Gerakan seperti ini bisa memberikan kesan kelenturan yang membuat animasi menjadi lebih alami serta enak dilihat.

    Gerakan squash & stretch bisa diterapkan dimana saja dalam membuat suatu animasi. Mulai dari gerakan tubuh, benda mati bahkan bisa juga diterapkan untuk animasi text. 

d. Anticipation


      Anticipation boleh juga dianggap sebagai persiapan/ awalan gerak atau ancang-ancang. Seseorang yang bangkit dari duduk harus membungkukkan badannya terlebih dahulu sebelum benar-benar berdiri. Pada gerakan memukul, sebelum tangan ‘maju’ harus ada gerakan ‘mundur’ dulu. Dan sejenisnya.

e. Slow In and Slow Out

              

  Sama seperti spacing yang berbicara tentang akselerasi dan deselerasi. Slow In dan Slow Out menegaskan kembali bahwa setiap gerakan memiliki percepatan dan perlambatan yang berbeda-beda. Slow in terjadi jika sebuah gerakan diawali secara lambat kemudian menjadi cepat. Slow outterjadi jika sebuah gerakan yang relatif cepat kemudian melambat.

    Contoh: Dalam gerakan misalnya mengambil gelas. Tangan akan memiliki kecepatan yang berbeda ketika sedang akan menjamah gelas, dengan ketika sudah menyentuhnya. Ketika tangan masih jauh dari gelas, tangan akan bergerak relatif cepat. Sedangkan ketika tangan sudah mendekati gelas, maka secara refleks tangan akan menurunkan kecepatannya (terjadi perlambatan) atau dalam konteks ini kita menyebutnya slow out.


f. Arcs


  Dalam animasi, sistem pergerakan tubuh pada manusia, binatang, atau makhluk hidup lainnya bergerak mengikuti pola/jalur (maya) yang disebut Arcs. Hal ini memungkinkan mereka bergerak secara ‘smooth’ dan lebih realistik, karena pergerakan mereka mengikuti suatu pola yang berbentuk lengkung (termasuk lingkaran, elips, atau parabola). Pola gerak semacam inilah yang tidak dimiliki oleh sistem pergerakan mekanik/ robotik yang cenderung patah-patah.

g. Secondary Action

   Secondary action adalah gerakan-gerakan tambahan yang dimaksudkan untuk memperkuat gerakan utama supaya sebuah animasi tampak lebih realistik. Secondary action tidak dimaksudkan untuk menjadi ‘pusat perhatian’ sehingga mengaburkan atau mengalihkan perhatian dari gerakan utama. Kemunculannya lebih berfungsi memberikan emphasize untuk memperkuat gerakan utama.

 Contoh: Ketika seseorang sedang berjalan, gerakan utamanya tentu adalah melangkahkan kaki sebagaimana berjalan seharusnya. Tetapi seorang animator bisa menambahkan secondary action untuk memperkuat kesan hidup pada animasinya. Misalnya, sambil berjalan ‘seorang’ figur atau karakter animasi mengayun-ayunkan tangannya atau bersiul-siul. Gerakan mengayun-ayunkan tangan dan bersiul-siul inilah secondary action untuk gerakan berjalan.

h. Follow Through and Overlapping Action                   
       

                            

   Follow through adalah tentang bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak meskipun seseorang telah berhenti bergerak. Misalnya, rambut yang tetap bergerak sesaat setelah berhenti berlari.

   Overlapping action secara mudah bisa dianggap sebagai gerakan saling-silang. Maksudnya, adalah serangkaian gerakan yang saling mendahului (overlapping). Pergerakan tangan dan kaki ketika berjalan bisa termasuk didalamnya.


i. Straight Ahead Action and Pose to Pose

                           
Dari sisi resource dan pengerjaan, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk membuat animasi.

   Yang pertama adalah Straight Ahead Action, yaitu membuat animasi dengan cara seorang animator menggambar satu per satu, frame by frame, dari awal sampai selesai seorang diri. Teknik ini memiliki kelebihan: kualitas gambar yang konsisten karena dikerjakan oleh satu orang saja. Tetapi memiliki kekurangan: waktu pengerjaan yang lama.

  Yang kedua adalah Pose to Pose, yaitu pembuatan animasi oleh seorang animator dengan cara menggambar hanya pada keyframe-keyframe tertentu saja, selanjutnya in-between atau interval antar keyframe digambar/ dilanjutkan oleh asisten/ animator lain. Cara yang kedua ini lebih cocok diterapkan dalam industri karena memiliki kelebihan: waktu pengerjaan yang relatif lebih cepat karena melibatkan lebih banyak sumber daya.

j. Staging


   Seperti halnya yang dikenal dalam film atau teater, staging dalam animasi juga meliputi bagaimana ‘lingkungan’ dibuat untuk mendukung suasana atau ‘mood’ yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene.

k. Appeal


   Appeal berkaitan dengan keseluruhan look atau gaya visual dalam animasi. Sebagaimana gambar yang telah menelurkan banyak gaya, animasi (dan ber-animasi) juga memiliki gaya yang sangat beragam. Sebagai contoh, anda tentu bisa mengidentifikasi gaya animasi buatan Jepang dengan hanya melihatnya sekilas. Anda juga bisa melihat ke-khas-an animasi buatan Disney atau Dreamworks. Hal ini karena mereka memiliki appeal atau gaya tertentu.

   Ada juga yang berpendapat bahwa appeal adalah tentang penokohan, berkorelasi dengan ‘kharisma’ seorang tokoh atau karakter dalam animasi. Jadi, meskipun tokoh utama dari sebuah animasi adalah monster, demit, siluman atau karakter ‘jelek lainnya tetapi tetap bisa appealing.

l. Exaggeration


   Exaggeration adalah upaya untuk mendramatisir sebuah animasi dalam bentuk rekayasa gambar yang bersifat hiperbolis. Dibuat untuk menampilkan ekstrimitas ekspresi tertentu, dan lazimnya dibuat secara komedik. Banyak dijumpai di film-film animasi sejenis Tom & Jerry, Donald Duck, Doraemon dan sebagainya.

   Contoh: 1) Bola mata Tom yang ‘melompat’ keluar karena kaget, 2) Muka Donald yang membara ketika marah, 3) Air mata Doraemon yang mengalir seperti air terjun ketika menangis.


7. Software Pembuatan Animasi

a. Anime Studio

   Anime Studio adalah salah satu software pembuat animasi terbaik yang memiliki banyak fitur. Kamu dapat men-download trial version dari software secara gratis. Anime Studio adalah aplikasi animasi besar yang memungkinkan pengguna untuk menggambar karakter latar belakang, masukan dan lain-lain. Software animasi dapat membantu kamu untuk mempublikasikan film animasi kamu sendiri dengan mudah. Anime Studio memiliki banyak fitur dengan banyak konten animasi pre loaded sehingga kamu dapat membuat segala jenis animasi dengan cepat.

b. FotoMorph

   FotoMorph adalah salah satu software yang terbaik untuk Windows OS. Salah satu perangkat lunak animasi paling berguna yang memiliki banyak fitur untuk mengedit dan meningkatkan gambar animasi kamu. FotoMorph telah dirancang untuk membuat animasi real time dengan sangat mudah menggunakan antarmuka sehingga pengguna bisa mendapatkan gambar pengeditan yang menyenangkan. FotoMorph memungkinkan pengguna untuk membuat foto lucu dalam hitungan menit.

c. Abrosoft FantaMorph

   Salah satu software animasi terbaik yang dapat digunakan untuk menghidupkan foto dengan mudah.Meskipun ini software animasi bukanlah sebuah software gratis tapi kamu dapat men-download versi percobaan gratis dari Abrosoft FantaMorph pada PC kamu. Salah satu perangkat lunak animasi paling kuat bahwa pengguna dapat morphing gambar dan efek animasi canggih.

d. Aurora 3D Animation Maker

   Aurora 3D Animation Maker merupakan salah satu aplikasi animasi yang paling populer yang memiliki banyak fitur untuk menciptakan efek animasi terbatas dalam film kamu. Kamu dapat menambahkan efek animasi khusus dalam gambar dan film dengan mudah menggunakan antarmuka. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan watermark untuk video dan foto dengan efek khusus. Kamu dapat menemukan banyak fitur yang berguna dalam software ini dan kamu juga dapat men-download versi percobaan gratis dari perangkat lunak yang besar.

e. AnimatorDV Simple

  AnimatorDV Simple adalah perangkat lunak animasi yang kuat yang membantu pengguna menciptakan film animasi stop motion dengan mudah menggunakan antarmuka. Kamu dapat men-download versi lengkap dari Simple AnimatorDV secara gratis dari situs web software download.

f. Pivot Animator

   Pivot Animator adalah alat animasi besar yang dapat di-download pada PC Windows kamu secara gratis. Animasi sederhana perangkat lunak yang memberikan kemungkinan animasi terbatas.

g. MonkeyJam

   MonkeyJam adalah software animasi yang membantu pengguna membuat animasi gerakan berhenti dengan mudah. Salah satu software animasi yang paling berguna yang memungkinkan pengguna untuk merekam animasi mereka sendiri dengan menggunakan fitur stop motion.

h. Anime Studio Pro

   Anime Studio Pro adalah salah satu software pembuat animasi terbaik yang sangat cocok bagi para profesional. Jika kamu seorang animator profesional dan mencari aplikasi animasi kualitas terbaik, kamu dapat men-download perangkat lunak pada PC Windows kamu.

i. Stykz

  Stykz adalah software animasi yang kuat, freeware yang mendukung semua utama sistem operasi seperti Windows, Mac dan Linux. Kamu dapat men-download versi lengkap dari software ini pada komputer kamu secara gratis.

j. Sqirlz Morph

   Sqirlz Morph adalah salah satu perangkat lunak yang tersedia gratis di internet. Ini adalah utilitas animasi yang sangat sederhana sehingga pengguna bisa mengedit atau morphing beberapa gambar dan video dengan mudah.


Daftar Pustaka :